RESUME KE-22 KBMN 29 MENULIS BUKU AJAR

 



                                                                         

                                                             RESUME KE- 22 KBMN 29                                                                                                                          MENULIS BAHAN AJAR                                                                                                                   Dr. MUDAFIATUN ISRIYAH, M.Pd.                                                         SENIN, 14 AGUSTUS 2023

Pembicara malam ini adalah seorang pendidik, Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, dilahirkan Lumajang pada 21 April 1969. Berbagai pendidikan telah ditempuhnya, S1 BK dari  UNIPAR Jember, S2 PAUD dari UNESA Surabaya, dan S3 BK UM Malang. Beliau bisa dihubungi di Nomor +6282226529305. Lebih jelas tentang beliau dapat kita baca pada CV-nya. malam ini beliau ditemani Pak Sigid PN, S.H.

Buku Ajar atau bahan ajar adalah komponen instruksional yang sangat penting. meskipun di Era Digital ini banyak tersedia alternatif lain, seperti E-Book, webblog, youtube, bahkan face book, dan instagram jika perlu bisa menjadi sarana penyampaian materi. Tetapi pada kenyataannya, masih banyak peserta didik maupun satuan pendidikan yang lebih membutuhkan buku daripada bahan ajar digital. Banyak penyebabnya, yang paling mendasar belum semua daerah bisa dijangkau sinyal seluler dengan baik. bagi masyarakat menengah ke bawah kemungkinan masih dirasa mahal, jika setiap kali harus membeli pulsa, dan yang jelas belum semua peserta didik yang bisa memanfaatkan Hp apalagi Laptop. Demikian pula dengan sekolah, banyak sekolah yang hingga kini belum terjangkau sarana digital.

Salah satu kelebihan buku ajar adalah bisa disusun oleh guru yang bersangkutan dengan menyesuaikan karakter dan kemampuan anak didiknya. Buku Ajar juga bisa menjadi media turun-temurun. Di daerah tertentu buku ajar bisa dibaca anak didik tanpa harus membeli, karena merupakan buku paket yang ketersediaannya didanai oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Dikbudristekdikti.

Bahan ajar adalah segala bentuk materi/bahan yang digunakan guru/dosen serta mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. bahan ajar dapat berupa bahan tertulis, ataupun tidak. Pada umumnya selain berupa cetakan, guru/dosen masih menggunakan Salindia. Buku ajar adalah salah jenis bahan ajar, yang disusun secara logis dan sistematis dengan menggunakan bahasa baku (Pannen & Purwanto, 2001).

Jenis-jenis Buku Ajar
1. Buku Pegangan, biasanya berkaitan dengan Mata Kuliah tertentu. Buku ini disusun oleh pakar di         bidangnya sesuai dengan mata Kuliah atau Pelajaran tertentu. Buku semacam ini disusun berdasarkan     Kurikulum atau RPS yang berlaku di suatu saat tertentu. Lazimnya dicetak/diterbitkan dan                     disebarkan   secara luas.
2. Modul, bahan ajar ada pula yang disusun dalam bentuk modul. Lazimnya modul disusun oleh                 guru/dosen yang bersangkutan. Modul biasanya disusun berdasarkan pokok bahasan-pokok bahasan       sesuai dengan RPS atau Kurikulum.
 3. Diktat, adalah bahan ajar yang disusun oleh guru/dosen yang bersangkutan. Diktat disusun                     berdasarkan kaidah ilmiah, dan disebarkan di lingkungan terbatas.
 4. Petunjuk Praktikum, bahan ajar seperti ini hanya berisi petunjuk sistematis, dan praktis tentang           tata       cara mulai dari persiapan, pelaksanaan, analisis sampai pada pelaporan. Petunjuk praktikum       lazimnya       disusun oleh Tim Pengajar di bidangnya, dengan menggunakan kaidah tata tulis ilmiah.
 5. Naskah Tutorial, bahan ajar ini disusun oleh pengajar yang bersangkutan (instruktur/tutor). Disusn         secara sederhana, dengan menggunakan bahasa ilmiah.

  Tiga cara penyusunan Buku Ajar                                                                                                              1. Penataan Informasi (compilation text)                                                                                                      Dilakukan dengan cara mengumpulkan bahan dari berbagai sumber. Penyusunan dilakukan                    berdasarkan RPS/Kurikulum.                                                                                                                    2. Pengemasan Kembali (information repackaging)                                                                                    Guru/Dosen menyusun berdasarkan sumber-sumber yang telah ada, disesuaikan dengan                          kebutuhan kompetensi yang hendak dicapai (sesuai Kurikulum/RPS).                                                    3. Menulis Sendiri (starting from scatch)                                                                                                      Guru atau dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya sesuai dengan RPS mata kuliah                     atau  maya pelajaran yang diampu.

   Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Buku Ajar
   1. Tentukan Tujuan dan Sasaran Pembelajaran                                                                                            Pastikan buku yang akan dibuat untuk keperluan apa. Terutama berkaitan dengan Mata                            Pelajaran. Apakah untuk mengajarkan keterampilan tertentu, atau mengajarkan metode.
   2. Riset dan Konten                                                                                                                                         Beberapa materi seperti teks, ilustrasi, grafik, contoh, latihan dapat diisikan di buku ini. Perlu                  diperhatikan, materi harus sudah dipastikan akurat, relevan dengan Kurikulum/RPS.
    3. Struktur dan Penyusunan                                                                                                                          Konsep yang akan dituliskan harus mengandung 5W 1H.  Susun konten dengan organisasi                      yang baik. Tuliskan sesuai urutan bab yang sudah direncanakan berdasarkan rencana                                struktur pembelajaran.                                                                                                                              4. Design dan tata Letak                                                                                                                                    Bagian ini biasanya dilakukan oleh penerbitan dengan persetujuan penulis. 
    5. Gaya Penulisan                                                                                                                                             Gaya bahasa buku ajar biasanya disesuaikan dengan target sasaran, buku ajaran itu diperuntukkan          siapa. Bahasa untuk buku ajar, lazimnya lugas, jelas, sehingga mudah dipahami. Sebaiknya tidak             menggunakan istilah yang terlalu teknis, agar bisa dipahami oleh berbagai kalangan.
    6. Mulai Menulis                                                                                                                                               Lazimnya penulisan buku ajar dilakukan dengan melibatkan sejawat yang sebidang. Hal ini                    penting dilakukan agar buku yang disusun sesuai dengan harapan. Teman diskusi akan membatu             menyempurkan.                                                                                                                                        7.  Review dan Uji Coba                                                                                                                                   Sebelum buku diterbitkan, sebaiknya dilakukan pertimbangan dari sejawat, bisa melalui diskusi,             atau minta tolong teman untuk membaca terlebih dahulu. Dapat pula dicobakan di kelas,                         bagaimana   tanggapan siswa.
    8. Legalitas   
         Berupa lisensi yang diperoleh dari institusi tertentu, seperti misalnya ISBN (Perpusnas). Hal ini              diperoleh, yang menandakan bahwa buku yang kita tulis telah bebas dari plagiasi, dlsb.
    9. Penerbitan
          Pilihlah penerbitan yang nyata resmi/legal. Pertimbangan ini kadang mempengaruhi                                 pemasaran buku yang kita tulis.
   10. Media Pendukung (optional)
         Dalam pemasaran atau penyebaran informasi tentang buku ajar di era ini bisa didukung                           oleh media online, seperti WA, face book, webblog.


     Semarang, 30 Agustus 2023
     Hadi Riwayati Utami
            


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KALIMAT LANGSUNG, TIDAK LANGSUNG DAN PARAGRAF

RESUME PERKULIAHAN MKU BHASA INDONESIA, Senin, 1 April 2024

JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP 2024 MKU BAHASA INDONESIA SENIN, 6 APRIL 2024