RESUME KE- 20 KBMN 29                                                                                                                             PEMASARAN BUKU                                                                                                                   AGUS SUBARDO2023NO, S.E., M.M.                                                                                                                RABU, 9 AGUSTUS 2023 

 Di  hari yang sama, tetapi tanggalnya 20 Februari 2023 saya menerima materi ini. Pada waktu itu, KBMN 28, Pak Agus Subardana memberikan judul Strategi Pemasaran Buku. Malam hari ini, di pertemuan yang ke- 19 KBMN 29 ini, saya akan kembali mengulang  mencermati pengetahuan tentang  strategi pemasaran buku. Pematerinya, seorang yang hebat di bidang pemasaran buku. Pendidikannya sangat mendukung, sebagai lulusan S1, S2 Menejemen Pemasaran, ditambah pengalaman berkarier di penerbitan khususnya di Divisi Pemasaran selama 18 tahun 8 bulan, tentu Pak Agus tidak diragukan. Pada pertemuan ke- 19 ini, Direktur Marketing Penerbit ANDI ini akan memberikan rahasia profesionalitasnya, bagaimana memasarkan buku.

Bapak yang ramah ini, sempat mengamalkan ilmunya sebagai Dosen di STIE. Menurut Pak Agus, jika kita bermimpi menjadi seorang penulis, yang sekaligus hendak memasarkan sendiri karyanya, maka pengetahuan tentang strategi pemasaran ini sangat diperlukan.

Resume pertemuan kali ini, akan saya selaras-padukan dengan resume saya pada KBMN 28. saya mulai dari strategi pemasaran.

Strategi pemasaran buku adalah rencana yang dirancang untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan buku kepada target atau audiens. Tujuannya  meningkatkan penjualan dan visibilitas buku tersebut.

Buku selain sebagai sumber informasi, juga menjadi sumber ilmu pengetahuan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Buku bisa jadi merupakan sumber utama pembelajaran. oleh karena itu sebaiknya sejak dini kita sudah mendekatkan anak-anak pada buku. Selain agar mereka terbiasa membaca, juga amat penting membuat anak-anak menjadi butuh akan hadirnya buku di sekitar mereka. 

Menurut beliau dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan berliterasi terutama membaca. Dukungan tersebut merupakan wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku

Untuk mempertahankan industri penerbitan buku , agar tetap  hidup dan dapat mencapai hasil penjualan yang maksimal, diperlukan strategi pemasarian. Pada umumnya strategi pemasaran dipakai oleh hampir semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnisnya.

Strategi pemasaran sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Mengapa demikian , hal ini dapat dilihat dari beragam jenis buku yang diterbitkan. Jenis buku yang diterbitkan dikelompokkan berdasarkan  katagori buku. Sebagai contoh, ANDI Offset atau Penerbit ANDI menerbitkan buku dalam 32  katagori produk, yaitu katagori Buku Anak, Buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks  dan lain-lain.

Berdasarkan jenis  katagori buku tersebut, Penerbit  melakukan pemetaan atas dasar  segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan  beberapa kegiatan bisnis. Oleh karenanya strategi pemasaran pada umumnya dipengaruhi oleh faktor:                                                                                                                            1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat,                                                        2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Kedua faktor tersebut, Mikro maupun Makro dijalankan oleh Penerbit ANDI. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI  sudah termasuk industri penerbitan buku yang cukup tua. Sampai usianya yang telah mencapai 43 tahun ANDI Offset telah menerbitkan lebih dari 20.000 judul buku, yang telah dikelompokkan ke dalam 32 katagori.

Strategi pemasaran  dipetakan menjadi dua strategi, yaitu strategi pemasaran buku serangan udara dan strategi pemasaran buku serangan darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro seperti tersebut di atas. Penjelasannya demikian.

A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (On Line )                                                                a. Pemasaran Online                                                                                                                        Ketika Pendemi Covid 19 melanda dunia , dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini. Bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga mengikuti kemauan pasar atau customer. Karena usaha tidak sebaik dulu, ketika iklan dengan brosur dan baliho besar ada di mana-mana.  Kini cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita. Penerbit ANDI termasuk yang menempuh cara ini, yang kini dikenal dengan istilah digital marketing.

Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet. Adapun jenis digital marketing yang dierapkan di antaranya adalah:

1. Content marketing yaitu salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya. 

2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi mencari. Pengguna internet  bisa mengunjungi website Penerbit ANDI (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang  ditawarkan.

3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari. Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

4. Social Media Marketing, yaitu dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Penerbit bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. 

Ada kalanya supaya lebih menarik salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi  sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. 

Begitulah, sekarang hampir semua orang sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasaran jauh lebih mudah. 

b. Tujuan pemasaran buku melalui platform online adalah sebagai berikut:                                                1. Mengampanyekan informasi produk secara luas kepada target pasar potensial.                                      2. Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada, sehingga loyalitas           konsumen terjaga.                                                                                                                                    3. Menjaga stabilitas penjualan saat kondisi pasar sedang lesu.                                                                    4. Meningkatkan penjualan dan keuntungan.                                                                                                5. Membandingkan dan menonjolkan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing.                          6. Membentuk citra produk yang diinginkan oleh konsumen.                                                                      7. Mengubah perilaku, persepsi, dan pendapat konsumen terhadap produk

Melalui media sosial kita bisa juga memasarkan buku dengan Pantun Jualan, seperti contoh ini. 

  Di taman ada banyak kumbang,                                                                                                                Di kali banyak buaya,                                                                                                                              Janganlah ragu ataupun bimbang,                                                                                                            Toko online ini bisa dipercaya.

  Liburan ke pulau Bali,                                                                                                                               Jangan lupa datang ke pantai Dewata,                                                                                                      Ayo beli di toko online kami,                                                                                                                  Barangnya cuma setengah harga.

  Kamu jadian sama si dia,                                                                                                                          Padahal aku sudah menyukaimu,                                                                                                              Kita toko online terpercaya,                                                                                                                      Siap menjual barang paling bermutu.

5. Email Marketing.  Strategi Marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6. Instant Messaging Marketing bisa menjadi pertimbangan saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana Penerbit bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya. 

7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer

8. Video Marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran. 

9. Penerbit ANDI mempunyai Chanel TV Youtube, yaitu  TV. ANDI AKADEMI. Pemasaran melalui Channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di Hp Android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penjualan buku melalui  Online adalah, kita harus terus proaktive dan terus promosi , supaya kita dapat:                                                                                  1. Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial,                                  2. Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang lana, sehingga kesetiaan konsumen terjaga,                                                                                                                                  3. Menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar sedang lesu,                                                       4. 4.Menaikkan penjualan dan profit,                                                                                    5. Membandingkan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing,                                    6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginka,                                7. Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen.

Secara ringkas yang perlu diperhatikan  bahwa memasarkan buku secara online memerlukan waktu, dedikasi, dan konsistensi. Berinteraksi dengan audiens Anda, menjaga konten segar, dan merespons umpan balik pembaca dapat membantu membangun basis penggemar yang setia.

b. Pemasaran Buku Melalui Komunitas.                                                                                                Setiap Penerbit memiliki komunitasnya masing-masing. Sesuai dengan kapasitas Penerbit dalam membentuk komunitas dan relasi, jaringan komunitas jaringan komunitas dapat dipergunakan untuk sarana promosi dan penjualan buku.  Penjualan melalui komunitas  akan lebih efektif dan efisien, sehingga tingkat keberhasilan penjualan buku yang ditawarkan lebih tinggi. Kuncinya Penerbit harus proaktif komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas.

Komunitas itu bisa berupa Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dan sebagainya. Secara detail memasarkan buku melalui komunitas perlu memperhatikan berikut ini.

1. Identifikasi Komunitas yang Relevan: Tentukan komunitas yang memiliki minat atau topik yang terkait dengan isi buku. Ini bisa berupa komunitas online, kelompok diskusi, forum, klub buku, atau acara lokal terkait.

 2. Bergabung dan Berinteraksi:                                                                                                     Bergabunglah dengan komunitas tersebut dan berinteraksilah dengan anggotanya. Berpartisipasi dalam diskusi, memberikan pandangan, dan membangun hubungan dapat membantu kita mendapatkan kepercayaan dan keakraban dengan anggota komunitas.

 3. Berbagi Konten Berharga:                                                                                                                       Mulailah dengan berbagi konten yang berharga terkait dengan topik yang ada dalam buku . Ini bisa berupa artikel, infografis, kutipan buku, atau saran praktis yang relevan dengan anggota komunitas. Tujuannya adalah untuk membangun kehadiran kita sebagai sumber pengetahuan yang berharga.  

 4. Promosikan Buku dengan Tepat:                                                                                                              Jangan terburu-buru untuk memasarkan buku secara langsung. Sebagai gantinya, carilah cara yang lebih halus untuk mempromosikan buku kita. Misalnya dengan menyertakan tautan ke buku, dan kita tanda tangan, sertakan email atau profil media sosial kita, atau menyelipkan referensi tentang buku kita dalam percakapan yang relevan.

5. Berpartisipasi dalam Diskusi:                                                                                                                    Jika topik dari buku kita sering muncul dalam diskusi komunitas, ambil kesempatan untuk berkontribusi. Berikan pandangan dan selipkan informasi tentang bukukita jika konteksnya memang relevan.

 6. Tawarkan Diskon Khusus:                                                                                                                    Berikan anggota komunitas diskon khusus atau penawaran istimewa terkait buku kita. Ini dapat merangsang minat dan mendorong mereka untuk membeli buku Anda   

 7. Bekerjasama dengan Pengelola Komunitas:                                                                                            Jika memungkinkan, coba berkolaborasi dengan pengelola komunitas untuk mengadakan acara atau konten bersama yang dapat memperkenalkan buku kita kepada anggota komunitas.

8. Ulasan dan Rekomendasi:                                                                                                                     Jika anggota komunitas membaca buku kita, ajak mereka untuk memberikan ulasan dan rekomendasi. Ulasan positif dari rekan sesama komunitas dapat memiliki dampak yang signifikan pada keputusan pembelian orang lain.

 9. Acara dan Workshop: Pertimbangkan untuk mengadakan acara atau workshop terkait dengan topik buku kita. Ini tidak hanya dapat membantu mempromosikan buku, tetapi juga membangun kredibilitas kita sebagai ahli dalam bidang tersebut.  

10. Jaga Keterlibatan Jangka Panjang:                                                                                                    Pemasaran melalui komunitas adalah tentang membangun hubungan jangka panjang. Teruslah berinteraksi dan memberikan nilai kepada komunitas, bahkan setelah buku kita telah dijual.

Beberapa tambahan yang bisa dipetik dari pertemuan malam ini tentang memasarkan buku secara online adalah: 

 1. Optimalkan Website:                                                                                                                            Pastikan website kita menarik, mudah dinavigasi, dan berfokus pada buku kita. Sertakan deskripsi yang menarik, kutipan dari buku, ulasan positif, serta informasi tentang penulis. Juga pastikan bahwa situs web responsif untuk berbagai perangkat. 

2. Blogging:                                                                                                                                                  Tulis blog atau artikel yang berkaitan dengan topik buku, atau tema yang diangkat dalam buku. Ini dapat membantu meningkatkan otoritas kita sebagai penulis dan menarik perhatian pembaca yang berpotensi tertarik pada buku yang kita pasarkan.

3. Email Marketing:                                                                                                                              Kumpulkan alamat email dari pengunjung situs web atau pembaca yang berminat. Kirimkan mereka pembaruan berkala tentang buku baru, promosi, dan berita terkini. Ini membantu membangun dan mempertahankan hubungan dengan pembaca .     

 4. Kolaborasi dan Review:                                                                                                                          Ajak kolaborasi dengan blogger atau influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan buku kita. Mereka bisa menulis ulasan, membuat unboxing video, atau melakukan wawancara dengan kita sebagai penulis.

B. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (Off line ).

Untuk menguasai seluruh wilayah Nusantara ini, dalam penetrasi pasar buku penerbit  melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang di tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit ANDI telah mempunya 43 cabang di kota-kota besar mulai dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan TenagaPemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain:

1. Toko Buku 

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.  

Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda. 

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan Toga Mas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.

Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus

Strategi Promosi di toko buku modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain 1. Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.                    2. Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X.                              3. Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.    4. Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll ).                                                                                                                         Serta masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktif komunikasi dengan pihak internal toko buku modern ter                          

                                                                                                                                                              salah satu sudut display buku

         
                                                                salah satu contoh promo buku
                        
                                                           
                                                        salah satu promo dengan memberi diskon
2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung 

Pemasaran Buku melalui direct selling ini dipetakan berdasarkan jenis katagori buku yang  diterbitkan.Jenis katagori buku penjualan lewat direct selling  dibedakan ke dalam beberapa target pasar yaitu:                                                                                                                                                              1. Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).                                                                                                                                              2. Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kukiah.                                                                  3. Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum.                    Dengan pemetaan jenis katagori tersebut di atas, ANDI Offset sebagai industri penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales). 

Tugas Tenaga Penjual atau Sales tersebut  diberi tanggung jawab target sesuai maping areanya masing-masing yang bertugas.                                                                                                                          1.  Kunjungan langsung ke tiap sekolah,                                                                                    2. Kunjungan langsung ke setiap                                                                                                    3. Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Kampus, Perpustakaan, dll,          4. Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan Daerah. Dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

 3.  Melakukan Event.                                                                                                                                  Aktif dalam melakukan event,  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, tryout, dan sebagainya.

Om Jay menambahkan, tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang kemudian disajikan kepada para pembaca.  Secara  otomatis kita harus paham sajian apa yang  diminati oleh para pembaca. Tidak mudah membidik selera dari konsumen yang lahir dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar  dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan.

Demikian Resume malam ini. 

Semarang, 9 Agustus 2023

Hadi Riwayati Utami

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME PERKULIAHAN MKU BHASA INDONESIA, Senin, 1 April 2024

TUGAS KAJIAN PRAGMATIK Rabu, 8 Mei 2024