Bambang Purwanto, S. Kom., Gr., lahir di Bandung, 6 April 1974. Beliau seorang Muslim, dan sudah berkeluarga. Pendidikan terakhirnya, S1, STMIK AMIKBANDUNG. Jurusan Sistem Informasi, 2013. Hidup berbahagia bersama keluarga di Perumahan Lebak wangi Asri D4 No. 26 RT 04 RW 13 Desa Lebak wangi Kecamatan Arjasari Kab. Bandung – 40379.
Beliau yang bermoto: Mengisi Hidup Penuh Hikmah ini bisa dihubungi melalui No. Telepon 088809405468, atau Email : bangpurwa@gmail.com. Websites beliau: www.penamrbams.id. Kita juga bisa mengenal beliau melalui Link You tube: Pena Mr. Bams https://www.youtube.com/channel/UCDw-57I2kl77_hVmt9Orhjg.
Mr. Bams menguraikan pengalamannya menggunakan blog sebagai media berkarya, sebagai media komunikasi. Dan hebatnya, melalui blog pula beliau mengelola kemajuan belajar para siswanya. Inilah di antara blog yang beliau kelola.
Menurut beliau blog untuk pembelajaran sangat besar manfaatnya. Di antaranya adalah: 1. Menunjukkan identitas digital (nasionalisme) dengan DOT ID (Indonesia), 2. Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital, 3. Dibiayai oleh sertifikasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara bahwa dana digunakan untuk mendukung kegiatan penunjang guru, 4. Tempat menyimpan atau menyalurkan hobi menulis apa pun.
Sebagai bukti pengalaman memanfaat blog untuk kepentingan pembelajaran, Mr. Bams berkenan menunjukkan buktinya. Blog merupakan media belajar bersama para siswanya di SMP Taruna Bakti Bandung.
Bila diklik tulisan Informatika kemudian akan masuk ke dalam pilihan pembelajaran sesuai kelas masing-masing. Seperti ini.
Bisa pula disaksikan melalui Link berikut:https://youtu.be/TCa-oEJtib.
Menurut Mr. Bams refleksi diri yang dituliskan oleh murid sangat penting. Setiap mengakhiri pembelajaran (5-10 menit) Siswa mengisi form yang sudah dibuatkan. Siswa diminta menulis dalam paragraf seperti: 1. Apa yang dipelajari hari ini? 2. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian? 3. 3. Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? 4. Adakah masukan untuk Mr. saat pembelajaran hari ini? Jika ada jelaskan. Berikan penjelasan dengan kalimat lengkap, tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan.
Mr. Bams memberikan contohnya: Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar bersama Mr. Bams.
Hasil tulisan siswa tersebut harus ditulis dalam blog, dan disusun sedemikian rupa hingga dapat diketahui jika ada siswa yang tidak menulis. Biasanya jika terjadi demikian, pada blog yang berisi data hasil belajar siswa akan ditulis, Minggu ini tidak menulis. Dan siswa yang bersangkutan tidak mendapatkan poin 10. Apabila hal ini terjadi berulang, Mr. Bams akan melakukan pendekatan secara individu, apa penyebab ia tidak mengunggah tulisan di blog. Adakah hambatan? Unggahan siswa di blog ini akan diakumulasikan di setiap seminggu sekali. Hasilnya seperti ini, https://penamrbams.id/refleksi-diri-kelas-7a-semester-genap-smp-taruna-bakti-2022-2023/
Salah satu contoh refleksi yang dilakukan siswanya adalah seperti ini.Jika diperhatikan, tulisan siswa ini sesungguhnya menunjukkan:
1. Materi yang dipelajari
2. Aktivitas yang dilakukan apa saja
3. Perasaan yang dirasakan oleh murid
4. Karakter spiritual untuk mengingat Tuhan YME
Hal yang tidak disadari oleh siswa, bahwa sebenarnya mereka sedang dilatih menulis, mempraktekan kemampuan penguasaan materi Bahasa Indonesia
Bagi guru banyak manfaatnya, karena dari tulisan siswa Guru bisa mengetahui apa yang dikehendaki siswa. Ini penting bagi Guru, setidaknya menjadi masukan untuk peningkatan kualitas mengajar di pertemuan berikutnya.
Salah satu contoh refleksi yang dilakukan oleh seorang siswi bernama Angela Aurelie Putri Michael , di pertemuan terakhir kelas 9A.
Hari ini kita merencanakan ujian praktek kita, ide saya akan mencakup dunia internet dan mungkin aplikasi – aplikasi yang membantu banyak orang saya juga akan mencantumkan beberapa informasi dan data data di dalam pidato yang nantinya bisa di jadikan poin poin singkat didalam infografis. Untuk kesan belajar selama setahun ada lebih ada kurang nya jugaa tapi semua masalahnya bisa diselesaikan dengan baik , mr bams udah ngajarin banyak hal selama 3 tahun ini makasih buat ilmu ilmu yang sudah di sampaikan semoga semakin sukses di masa depan, maaf ya mr bams kalo ada kesalahan yang bikin kurang nyaman. semoga ujian praktek nanti bisa sukses dan lancar aamiin-!! ❤️
Seorang siswi yang lain Annindya Sheeva Khairranny, memberikan apresiasi terhadap pembelajaran Mr. bams sebagai berikut.
Selama 1 tahun belajar dgn Mr. Bams itu selalu ad hal yg membuat ‘WAH’. Setiap pelajarannya kita selalu dikejutkan dengan inovasi dr Mr. Bams seperti tiba2 games, quiz, (ulangan), dll. Ya, bisa dibilang kelas ini akan menjadi salah satu kelas yg tdk mudah untuk dilupakan.
Semangat Terus Pak ✊✊✊
Terus kejutkan muridmu!!!!
Sementara siswi Falisya Azalea Santika, menuliskan pendapatnya seperti ini.
Judul untuk ujian praktek sebenarnya masih belum terbayang. tetapi satu judul yang saya dapat dipertemuan kali ini adalah efektivitas waktu belajar dan bermain gadget untuk pelajar. mungkin akan diubah untuk kedepannya. pesan untuk mr.bams selama satu tahun mengajar ini. terimakasih mr.bams atas semua materi yang sudah disampaikan. banyak pelajaran yang dapat diambil. terimakasih mr.bams sudah mau merevisi kesalahan dan mendengarkan saran dari kita sebagai murid. sukses dan sehat selalu pak 😃👍🏻.
Membaca contoh-contoh refleksi yang dilakukan oleh siswi-siswi Mr. Bams di atas, saya sendiri sangat terinspirasi. Sebagai manusia, Guru bukanlah makhluk yang sempurna. Alangkah indahnya jika kita bisa menerima koreksi dari siswa didik kita. Mengupayakan pembelajaran yang bermutu adalah tugas dan tanggung jawab Guru, sekaligus hak bagi siswa.
Semua tulisan di atas ada di Google, dan bila di cari dengan kunci Refleksi Diri Mr. Bams , maka yang muncul seperti ini.
Kalau kita klik gambar hasilnya seperti ini
Dampak dari pemanfaatan blog/web untuk pembelajaran, salah satunya mengisi refleksi diri, jejak digital kita akan semakin banyak. Inilah hasil dari tahun ke tahun
T Tahun - Tampilan.
2020 - 65.660
2021 - 33.946
2022 - 131.791
2023 - 47.120
Dari berbagai pertanyaan, saya mendapatkan banyak masukan. Di antaranya, manfaat yang bisa saya petik jika saya melakukannya.
1. Terekam jelas bahwa kita memanfaatkan teknologi, 2. Menunjukkan jejak digital kita, 3. Siswa yang tidak hadir bisa memperoleh informasi pembelajaran melalui refleksi diri teman- temannya di internet, 4. Konsisten terhadap blog yang dikelola.
Bagaimana cara mengisikan skor/poin? Setiap siswa yang mengisi diberikan poin 10. Demikian setiap minggu kita akan mengakumulasi hasil karya siswa. siswa yang rajin menulis, dia akan menjumpai poinnya akan terus bertambah. Demikian sebaliknya, yang tidak menulis akan terlihat. dari sini kita akan dapatkan informasi:
1. Siswa yang konsisten menulis, 2. Siswa yang kadang menulis kadang tidak, 3. Siswa yang menulis asal-asalan.
Hal lain yang bisa kita manfaatkan, poin siswa bisa dimanfaatkan untuk remedial. Jika ada siswa yang nilai Rapornya tidak mencukupi, maka keaktifannya dalam menulis dapat menjadi penambah nilai. siswa tidak perlu melakukan remidi.
Meskipun demikian ada hal perlu diperhatikan dalam melakukan refleksi.
1. Tidak memberatkan siswa dan guru,
2. Perhatikan kondisi siswa dan sarana pendukung,
3. Lakukan oleh guru dengan riang gembira,
Setiap anak di buatkan satu folder tersendiri di Geogle Drive yang dibuat untuk Kelas, sehingga Guru bisa dengan mudah mengecek. Internet telah menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan, tanpa batasan waktu. Semua bergantung pada guru, mau atau tidak untuk belajar, sabar, dan bosan. Guru bisa melakukannya di Blogspot atau Wordpress.
Mr. Bams juga memberikan contoh blog yang ia peruntukkan sekolah. Seperti ini di link berikut. https://daringsmptarunabakti.wordpress.com/
Menurut Mr. Bams hambatannya hanyalah rasa malas. Guru bisa melakukannya dengan cara mencicil, memanfaatkan waktu-waktu luang untuk mengelola Refleksi Diri siswa. Kuncinya, telaten. Mengisikan Refleksi siswa di blog, harus dilakukan atas inisiatif sendiri. Kegiatan ini menunjukkan kreativitas dan inovasi Guru. Selain untuk pembelajaran, web Mr. Bams juga digunakan untuk karya tulis, koleksi dan games. Seperti bisa dilihat pada Link ini.
https://penamrbams.id/category/karyaku/
Pak guru Bams yang suka mendongeng, dengan menirukan karakter suara Mario teguh ini menitip pesan: Jangan tidur sebelum membaca... , Jangan mati sebelum menulis... Ia sering memlesetkan nama Mario Teguh dengan Mario Teduh, dan menjadikan namanya sebagai kependekan dari Mari Ayoo Tenang dalam Urusan Hidup.
Dapat dibayangkan, betapa menyenangkan belajar dengan Guru humoris seperti Pak Bams.
Di akhir pembelajaran, Mr. Bams menghimbau pada para peserta agar mengajak siswanya untuk menulis di blog. Ada ungkapan bagus yang bisa memotivasi kita. "Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah."(Armin Martajasa).
Komentar
Posting Komentar