RESUME 20 KBMN 28 STRATEGI PEMASARAN BUKU

                                           


                                                                     

                                                            RESUME 20 KBMN 28                                                                                                                      STRATEGI PEMASARAN BUKU                                                                                                             AGUS SUBARDANA, S.E., M.M.                                                                                                                   RABU, 22 FEBRUARI 2023

Ketika menulis Resume ini, saya baru menyadari betapa luar biasa Pelatihan yang sedang saya ikuti. Sedari awal saya sudah menyatakan bahwa KBMN ini bukan Kelas Menulis biasa (https://www.kompasiana.com/hrutami6718/63bae63f062a5864294617b3/kbmn-bukan-kelas-belajar-biasa). Karena selain kita diajar dari mulai 0, apa itu menulis, mengapa kita harus menulis, dsb, secara bertahap materi pelatihan memang diberikan secara berurutan menurut tahapan belajar menulis. Setelah kita belajar menulis di Blog, diselingi dengan motivasi menulis itu mudah, dilanjutkan dengan tantangan menulis sebuah buku dalam waktu 2 minggu, kemudian kita menerima bagaimana mengubah karya ilmiah menjadi buku. Sampai kemudian kita diajari menulis buku nonfiksi, kembali diselingi motivasi bahwa menulis buku tidak sesulit yang kita bayangkan. Melalui Pak Yulius kita dilatih memanfaatkan Ms. Word yang ada di gadget kita untuk mulai menyusun buku. Luar biasa. Meskipun keponthal-ponthal saya berusaha untuk bisa mengikutinya.

Malam hari ini, di pertemuan yang ke- 20, kita diberi pengetahuan tentang strategi memasarkan buku. Pematerinya seorang yang hebat di bidang pemasaran buku. Beliau ini, Bapak Agust Subardana, S.E., M.M. Pendidikannya sangat mendukung, sebagai lulusan S1, S2 Menejemen Pemasaran, ditambah pengalaman berkarier di penerbitan khususnya di Divisi Pemasaran selama 18 tahun 2 bulan, tentu tidak perlu diragukan. Malam ini Direktur Marketing Penerbit ANDI ini akan memberikan rahasia profesionalitasnya, bagaimana memasarkan buku.

Menurut beliau selain sebagai sarana penyampaian informasi, buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan serta sarana utama bagi proses pembelajaran. Sejak usia dini, sebaiknya anak- anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam buku. 

Menurut beliau dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan berliterasi terutama membaca. Dukungan tersebut merupakan wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Untuk mempertahankan industri penerbitan buku , agar tetap  hidup dan dapat mencapai hasil penjualan yang maksimal, diperlukan strategi pemasaran. Pada umumnya strategi pemasaran dipakai oleh hampir semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis. 

Strategi pemasaran sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Mengapa demikian , hal ini dapat dilihat dari beragam jenis buku yang diterbitkan. Jenis buku yang diterbitkan dikelompokkan berdasarkan  katagori buku. Sebagai contoh, ANDI Offset atau Penerbit ANDI menerbitkan buku dalam 32  katagori produk, yaitu katagori Buku Anak, Buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks  dan lain-lain.

Berdasarkan jenis  katagori buku tersebut, Penerbit  melakukan pemetaan atas dasar  segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan  beberapa kegiatan bisnis. Oleh karenanya strategi pemasaran pada umumnya dipengaruhi oleh faktor:                1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat,                                                        2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Kedua faktor tersebut, Mikro maupun Makro dijalankan oleh Penerbit ANDI. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI  sudah termasuk industri penerbitan buku yang cukup tua. Sampai usianya yang telah mencapai 43 tahun ANDI Offset telah menerbitkan lebih dari 20.000 judul buku, yang telah dikelompokkan ke dalam 32 katagori.

Strategi pemasaran  dipetakan menjadi dua strategi, yaitu strategi pemasaran buku serangan udara dan strategi pemasaran buku serangan darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro seperti tersebut di atas. Penjelasannya demikian.

A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (On Line )                                                                a. Pemasaran Online                                                                                                                        Ketika Pendemi Covid 19 melanda dunia , dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini. Bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga mengikuti kemauan pasar atau customer. Karena usaha tidak sebaik dulu, ketika iklan dengan brosur dan baliho besar ada di mana-mana.  Kini cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita. Penerbit ANDI termasuk yang menempuh cara ini, yang kini dikenal dengan istilah digital marketing.

Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet. Adapun jenis digital marketing yang dierapkan di antaranya adalah:

1. Content marketing yaitu salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya. 

2. Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi mencari. Pengguna internet  bisa mengunjungi website Penerbit ANDI (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang  ditawarkan.

3. Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari. Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

4. Social Media Marketing, yaitu dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Penerbit bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. 

Ada kalanya supaya lebih menarik salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi  sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. 

Begitulah, sekarang hampir semua orang sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasaran jauh lebih mudah. 

Beberapa Pantun Jualan di Media Sosial, dapat dicontohkan di sini. 

  Di taman ada banyak kumbang,                                                                                                                Di kali banyak buaya,                                                                                                                              Janganlah ragu ataupun bimbang,                                                                                                            Toko online ini bisa dipercaya.

  Liburan ke pulau Bali,                                                                                                                               Jangan lupa datang ke pantai Dewata,                                                                                                      Ayo beli di toko online kami,                                                                                                                  Barangnya cuma setengah harga.

  Kamu jadian sama si dia,                                                                                                                          Padahal aku sudah menyukaimu,                                                                                                              Kita toko online terpercaya,                                                                                                                      Siap menjual barang paling bermutu.

5. Email MarketingStrategi Marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6. Instant Messaging Marketing bisa menjadi pertimbangan saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana Penerbit bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya. 

7. Influencer Marketing . Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer

8. Video Marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran. 

9. Penerbit ANDI mempunyai Chanel TV Youtube, yaitu  TV. ANDI AKADEMI. Pemasaran melalui Channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di Hp Android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penjualan buku melalui  Online adalah, kita harus terus proaktive dan terus promosi , supaya kita dapat:                                                                                    1. Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial,                                  2. Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang lana, sehingga kesetiaan konsumen terjaga,                                                                                                                                  3. Menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar sedang lesu,                                                       4. 4.Menaikkan penjualan dan profit                                                                                  5. Membandingkan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing,                                    6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginka,                                  7. Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen.

b. Pemasaran Buku Melalui Komunitas.                                                                                                  Setiap Penerbit memiliki komunitasnya masing-masing. Sesuai dengan kapasitas Penerbit dalam membentuk komunitas dan relasi, jaringan komunitas jaringan komunitas dapat dipergunakan untuk sarana promosi dan penjualan buku.  Penjualan melalui komunitas  akan lebih efektif dan efisien, sehingga tingkat keberhasilan penjualan buku yang ditawarkan lebih tinggi. Kuncinya Penerbit harus proaktif komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas.

Komunitas itu bisa berupa Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dan sebagainya.

B. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (Off line ).

Untuk menguasai seluruh wilayah Nusantara ini, dalam penetrasi pasar buku penerbit  melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang di tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit ANDI telah mempunya 43 cabang di kota-kota besar mulai dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan TenagaPemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain:

1. Toko Buku 

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.  

Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda. 

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan Toga Mas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.


Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus

Strategi Promosi di toko buku modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain 1. Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.                    2. Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X.                              3. Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.    4. Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll ).                                                                                                                         Serta masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktif komunikasi dengan pihak internal toko buku modern tersebut.

                                                                 display promo buku

                                                          salah satu sudut display buku
                                                                                 
                                                                       promo discount

2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung 

Pemasaran Buku melalui direct selling ini dipetakan berdasarkan jenis katagori buku yang  diterbitkan.Jenis katagori buku penjualan lewat direct selling  dibedakan ke dalam beberapa target pasar yaitu:                                                                                                                                                              1. Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).                                                                                                                                              2. Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kukiah.                                                                  3. Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum.                    Dengan pemetaan jenis katagori tersebut di atas, ANDI Offset sebagai industri penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales). 

Tugas Tenaga Penjual atau Sales tersebut  diberi tanggung jawab target sesuai maping areanya masing-masing yang bertugas.                                                                                                                          1.  Kunjungan langsung ke tiap sekolah,                                                                                    2. Kunjungan langsung ke setiap                                                                                                    3. Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Kampus, Perpustakaan, dll,          4. Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan Daerah. Dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

 3.  Melakukan Event.                                                                                                                                  Aktif dalam melakukan event,  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, tryout, dan sebagainya.

Om Jay menambahkan, tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang kemudian disajikan kepada para pembaca.  Secara  otomatis kita harus paham sajian apa yang  diminati oleh para pembaca. Tidak mudah membidik selera dari konsumen yang lahir dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar  dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan


Semarang, 22 Februari 2023                                                                                                                      Hadi Riwayati Utami                        







Komentar

Postingan populer dari blog ini

KALIMAT LANGSUNG, TIDAK LANGSUNG DAN PARAGRAF

RESUME PERKULIAHAN MKU BHASA INDONESIA, Senin, 1 April 2024

TUGAS KAJIAN PRAGMATIK Rabu, 8 Mei 2024